Mempawah, 17 Maret 2023
Kegiatan Sosialisasi Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di RSUD dr Rubini Mempawah dan Penandatanganan Komitmen Bersama Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)
Kegiatan dilaksanakan  di Aula IGD Lantai 2 RSUD dr.Rubini Mempawah yang disampaikan langsung oleh Direktur RSUD dr Rubini.

 


Kunjungan Homecare Pasien Geriatri di Desa Malikian Kab.Mempawah, Pasien Ny J (67 tahun) dilakukan layanan homecare oleh dokter, perawat, nutrisionis dan fisiotherapis.


Dalam rangka melaksanakan inovasi Sistem Pelayanan Terpadu Geriatri (SITANTRI), RSUD dr. Rubini Mempawah melakukan kegiatan Pelayanan Homecare ke rumah pasien.
Layanan home care geriatri di RSUD dr. Rubini Mempawah, merupakan pelayanan kesehatan untuk pasien lanjut usia (lansia). Layanan ini diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan, memperpanjang usia harapan hidup, dan mewujudkan kemandirian pada lansia.
Melalui pelayanan home care geriatri ini, RSUD dr. Rubini Mempawah dapat membantu memenuhi kebutuhan pasien. Pasien tidak harus datang ke rumah sakit secara langsung, melainkan Petugas Rumah Sakit Yang Akan Mendatangi Pasien.
Pada Kunjungan kali ini pada pasien yang mengalami kelemahan pada kedua ekstremitas atas maupun yang ekstremitas bawah, karena pasien menderita sakit stroke non hemoragik serta diabetes melitus. Dengan keterbatasan pasien itu kami melakukan kunjungan rumah berupa home care geriatri. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, petugas melakukan pemeriksaan berupa pemerikasaan tanda-tanda vital dan pemeriksaan gula darah. Setelah itu dilanjutkan oleh dokter untuk Pemeriksaan fisik dan anamnesa untuk melihat keadaan umum pasien, serta dilakukan juga anamnesa dengan keluarga yang merawat dirumah. Selanjutnya petugas nutrisionis melakukan pengkajian dan melakukan edukasi terhadap keluarga pasien dalam memberikan makanan yang dibutuhkan oleh pasien. Petugas fisiotherapi melakukan kegiatan fisiotherapi langsung dengan pasien serta memberikan sinar infra red. Setelah selesai, pasien diberi obat dari resep yang telah diberikan. Dalam pelayanan homecare geriatri ini pasien sama sekali tidak dipungut biaya (Gratis).
Dengan adanya inovasi SITANTRI ini diharapkan,  program layanan home care geriatri ini dapat meningkatkan, mempertahankan, dan memperbaiki kondisi kesehatan pasien lansia yang tidak bisa datang ke rumah sakit.

 

 

 

Senin , 06 Maret 2023
Penyuluhan GIGI BERLUBANG di depan Poliklinik Gigi RSUD dr. Rubini Mempawah
Narasumber dr. Gigi Interenship
Pembahasan yang disampaikan yaitu Apa itu Gigi Berlubang, Apa saja Penyebab gigi berlubang, bagaimana cara mencegah gigi tidak berlubang dan cara menyikat gigi yang baik dan benar

Rabu, 15 Maret 2023
In House Training Budaya Pelayanan Prima kegiatan dilakukan di Aula IGD RSUD dr. Rubini Mempawah
Kegiatan dihadiri oleh Direktur Rsud dr. Rubini Mempawah, Jajaran Manajemen dan Seluruh pegawai, kegiatan juga dilakukan melalui Zoom Meeting
Narasumber Dr.H.Chairul Fuad, M.Kes,C.Ht (Trainer, Counselor, Motivator& Hypnotherapis)
Materi yang disampaikan :
1. Pelayanan Prima
2. Teknik Komunikasi dalam pelayanan prima
3. Rahasia Self Image dan Personal Branding dalam pelayanan Prima(Service with heart)
4. Mengenal Pelanggan
5. Teknik Menangani Komplain Pelanggan
6. Role Play

 

Apel Pagi tanggal 02 Maret 2023
Kegiatan rutin apel pagi setiap hari senin dan kamis dilakukan RSUD dr Rubini Mempawah di halaman TU. Kegiatan apel hari kamis tanggal 03 maret 2023 yang di pimpin langsung oleh Direktur RSUD dr Rubini Mempawah sebagai Pembina apel pagi memberikan amanat mengenai Sosialisasi Penerapan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di lingkungan RSUD dr Rubini, sebagai tindak lanjut Keputusan Bupati Mempawah Nomor 32 Tahun 2022 tentang Calon Unit Kerja Berpredikat Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Peraturan Bupati Mempawah Nomor 71 Tahun 2022 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah Tahun (Berita Daerah kabupaten Mempawah Tahun 2022 Nomor 71)
Area Perubahan Dalam Zona Integritas :
1. Manajemen Perubahan
2. Penataan Tata Laksana
3. Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia
4. Penguatan Akuntabilitas
5. Penguatan Pengawasan
6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik